Simple Mysqli Library dengan OOP



Apakah anda tahu pada PHP versi 5.5.0 fungsi mysql_connect bakal dihapus ? Akan tetapi aplikasi anda masih menggunakan fungsi lama tersebut. Sekarang sih bisa jalan, karena masih banyak juga hostingan atau webserver yang mendukung mysql_connect.
Pertanyaannya.. Jika semua server apache tidak ada lagi versi lama bagaimana? Tentunya anda harus mempelajari lagi 2 (dua) jalan untuk mengakses MySQL, yaitu :

1. MySQLi
2. PDO

Nah, famili yang paling dekat dari mysql_connect adalah Mysqli . Ternyata Mysqli sangat mudah dipelajari. Sama seperti mysql_connect biasa, akan tetapi banyak fitur yang terdapat pada Mysqli.

Nah untuk memperdalam lagi, anda sebaiknya mengetahui apa itu OOP (Object Oriented Programming) .

OOP adalah sebuah metode dalam pemograman komputer di mana item dari data terkait bersama dengan rutin yang terkait dengannya, diperlakukan sebagai ‘obyek’ atau item tunggal dalam program.
Sebagai contoh, untuk mengimplementasikan kotak dialog on-screen dibutuhkan image grafis untuk kotak dan tombol-tombolnya, perincian tentang bagaimana semuanya akan ditata, dan fasilitas untuk mendeteksi tombol mana yang telah ditekan.

Kira-kira contoh sederhananya seperti ini :

  1. <?php
  2. class IKS_DB_MySqli extends mysqli{
  3. }

Sekarang, untuk mempermudah pekerjaan anda dalam memproduksi aplikasi PHP , maka saya akan memberikan source code Mysqli Library dengan OOP.

0 Response to "Simple Mysqli Library dengan OOP"

Posting Komentar