Cara Membangun Kerjasama Tim (Team Building) Bagian 1



Suatu tim berbentuk suatu kelompok. Dari beberapa pengertian dapat simpulkan bahwa yang dimaksud dengan kelompok itu adalah
"Suatu unit yang merupakan sekelompok/sekumpulan dua orang atau lebih yang satu sama lain berinteraksi dalam mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan secara bersama-sama dalam suatu wadah tertentu"

Bagiamanakah ciri-ciri sebuah kelompok tersebut?
- Memiliki Keberadaan untuk melaksanakan tugas-tugas organisasi atau pekerjaan-pekerjaan yang tidak berkaitan
- Ada orang-orang yang dtunjuk oleh organisasi yang bersangkutan untuk menjalankan peran resmi tertentu, misalnya sebagai kepala bagian, kepala seksi dan lain sebagainya.
- Memilik struktur, hubungan tugas dan hirarkis yang telah digariskan secara jelas
Mengapa beberapa orang sepakat perlu dibentuk suatu kelompok?

    - Dengan adanya kelompok maka resiko terhadap pekerjaan ditanggung oleh kelompok. Apapun yang kita lakukan pasti mengandung resiko, baik resiko berhasil, gagal maupun resiko lainnya. Kesediaan untuk menerima resiko kurang dimiliki oleh setiap individu, oleh karena itu dengan adanya kelompok memungkinkan anggotanya menanggung resiko bersama-sama

    - Sumber lebih banyak dan terjadi proses belajar dari kelompok lain. Di dalam suatu kelompok terdiri dari beberapa individu yang memiliki latar belakang yang berbeda, baik dalam ruang pengetahuan, pengalaman maupun sikap dan perilaku. Perbedaan ini merupakan sumber belajar dan memungkinkan terjadinya proses belajar di dalam suatu kelompok.

    - Kelemahan individu teratasi oleh Kelompok. Tidak ada manusia yang sempurna, masing-masing individu memliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing.
    - Kemampuan pemecahan masalah dan pengambilan keputusan dapat lebih akurat

      0 Response to "Cara Membangun Kerjasama Tim (Team Building) Bagian 1"

      Posting Komentar