Membaca Barcode dengan Android ke Komputer


Kalau cari di gugel , kebanyakan artikel tentang aplikasi barcode di android. Nah, sekarang untuk para developer yang mempunyai job menggunakan barcode tapi modal tak ada (mirip saya). Cara ini hanya untuk tester aplikasi aja.
Ada sih yang bagus, tapi mesti bayar , contohnya seperti video ini :

Tapi okelah, masih banyak cara yang lain. Yuk mari kita mulai..
Yang diperlukan adalah :
1. HP Android versi 4x
2. BarcodeOverIP Server dan Client di sini atau di sini (Pada Artikel ini versi v1.0.3-r3)
3. Java SDK Terbaru (rekomendasikan telah terinstall di komputer anda)

Download BarcodeOverIP Server (jar File) dan Client (apk file). Copy apk file ke android lalu install (jangan banyak tanya cara install nya :D ) . Setelah semua selesai, maka siap action !!

Konfigurasi Server :
Mudah saja, hanya jalankan BarcodeOverIP Server. Lalu anda akan melihat IP , Port dan Password
Untuk lebih dimudahkan Password dikosongkan saja

Konfigurasi Jaringan :
Anda bisa mengkoneksikan via Wireless LAN ataupun mengkoneksikan melalui Tethering Hotspot. Intinya asalkan komputer dan Android device terhubung maka BarcodeOverIP Server dan Client terhubung juga.

Konfigurasi Client :
Jalankan aplikasi BarcodeOverIP Client di android anda, tekan menu (sebelah kiri tombo home) lalu add server. Anda akan disuruh inpu Nickname, IP Address Server dan Port. Buat nickname terserah anda, lalu IP Address sesuai dengan yang tertera pada BarcodeOverIP Server tadi dan sesuaikan juga Port nya. Klik Done

Sekarang bukalah notepad, fokuskan mouse pada notepad. lalu ambil sebuah barang/benda yang mempunyai barcode. Lalu scan barcode tersebut dengan memilih server pada aplikasi BarcodeOverIP Client (Android) tadi. Hasilnya keluar karakter yang telah discan barcodenya oleh aplikasi android.
Sebelumnya saya sudah memberikan source code Barcode generator dengan Codeigniter. Silahkan kembangkan sendiri menjadi aplikasi yang bermanfaat.

0 Response to "Membaca Barcode dengan Android ke Komputer"

Posting Komentar